Sunday, October 05, 2014

Tugas Softskill Etika Bisnis 1: Contoh Kasus Bisnis Yang Tidak Beretika

pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. berbagai macam jenis pakaian dari tahun ketahun selalu berkembang dan menciptakan terobosan fashion baru.
salah satu brand fashion retail ini sangatlah diminati para remaja, terutama wanita pada saat ini, yaitu fashion retail "XYD". koleksi-koleksi pakaian brand ini sangatlah trendi dan menarik. tetapi dibalik itu semua, ternyata beberapa koleksi dari brand tersebut ada yang menjiplak persis koleksi brand lain yang sudah terlebih dulu meluncurkan produknya, kejadian ini tidak hanya terjadi sekali saja, namun berkali-kali, dan sepertinya pihak manajemen "XYD" ini seakan tidak kapok untuk terus berkreasi dengan koleksi "jiplakannya".
"XYD" juga tersandung kontroversi lain, salah satunya dengan tulisan yang tertera di beberapa koleksi kaosnya yag mengandung unsur rasisme dan masalah sosial lainnya. dan LAGI, meskipun sudah pernah tersandung kontroversi yang sama, sepertinya "XYD" tidak kapok untuk mengulangnya lagi.
banyak para warga di Amerika (negara asal brand "XYD") melakukan aksi boikot terhadap brand tersebut pada beberapa tahun yang lalu.

selain, tersandung kasus pelanggaran hak cipta dan kasus masalah sosial, brand ini juga terkenal dengan para pegawainya yang kurang sopan terhadap pelanggan. yang saya pernah dengar keluhannya adalah terjadi di negara Amerika Serikat dan Kanada, dimana beberapa pelanggan pernah mengeluhkan tentang ketidaksopanan para pegawai "XYD" dan mengunggahnya di situs YouTube. beberapa pelanggan pernah mencoba untuk menelfon kantor pusat "XYD" di negaranya, tetapi tidak digubris oleh pihak "XYD" dan pihak "XYD" berdalih bahwa semua pegawainya telah dilatih secara professional dan sangat tidak mungkin untuk melakukan hal yang kurang berkenan terhadap para pelanggan.


No comments:

Post a Comment