Sumber daya ekonomi
adalah alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya
berupa barang atau jasa. Sumber daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
1.
Sumber Daya Alam
Merupakan segala sesuatu yang
disediakan oleh alam. Contoh: air, tanah
2.
Sumber Daya
Manusia
Merupakan
segala kegiatan manusia baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk
kegiatan produksi. Contoh: Dokter, Direktu
3.
Sumber Daya
Kewirausahan
Merupakan
semangat, sikap, dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan
ekonomi sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Contoh: Usaha roti
4.
Sumber Daya
Modal
Merupakan
sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan
digunakan untuk membantu kegiatan produksi. Contoh: Bahan baku, mixer, dll.
Konsumen memiliki 3
sumber daya utama dalam proses pertukaran yang mereka gunakan dan melalui
proses ini pemasar memberikan barang dan jasa, yaitu:
1.
Sumber Daya Ekonomi
Potensi
sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya
dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki
baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural resources/endowment factors)
maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta
dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat
ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada
sumberdaya alam lain.
2.
Sumber Daya
Temproral / sementara
^
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen
^
Karena konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang
sangat pribadi yaitu waktu senggang
^
Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen
disebut barang waktu ( time goods)
1.
Barang yang
menggunakan waktu
Produk
yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya, contoh menonton tv
2.
Barang Penghemat
Waktu
Produk
yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
Contoh : Fast food
3.
Sumber Daya
Kognitif
Merupakan
kemampuan untuk merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logais dalam
representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Sumber daya kognitif
menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk berbagai kegiatan pengolahan
informasi.
Pengetahuan
Pengetahuan konsumen
adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk
serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen
terbagi menjadi 3, yaitu:
a.
Pengetahuan
Produk
Merupakan
kumbulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi
katagori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga
produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis
Pengetahuan Produk:
a. Pengetahuan tentang karakteristik atau
atribut produk
b. Pengetahuan tentang manfaat produk
c. Pengetahuan tentang kepuasan yg
diberikan produk kepada konsumen
b.
Pengetahuan
Pembelian
Pengetahuan
pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko
dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen
cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja,
karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet,
pergi ke outlet dan memasuki outlet.
Product Contact: Konsumen akan mencari lokasi
produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
Transaction: Konsumen akan membayar produk tersebut
dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
c.
Pengetahuan
Pemakaian
Suatu produk akan
memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau
dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan
yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk
tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang
cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan
pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen
No comments:
Post a Comment